Kamis, 16 Agustus 2007

Mr. OZON yg bikin panik

Ozon Bolong Kulit Gosong…

Itu yang kami ingat saat dulu kuliah pernah mengadakan peringatan Hari Bumi 22 April. Isu ini begitu dahsyat, terutama saat Protokol Montreal dicetuskan. Semua orang tersadar akan bahayan kanker kulit karena ozon berlubang.

Ozon adalah salah satu senyawa alami yang ada di atmosfer kita. Sebanyak 90% ozon berada di lapisan stratosphere bumi. Sisanya ada di lapisan troposphere (lapisan terbawah) dengan konsentrasi yang teramat kecil. Di stratosphere, ozon menempati “singgasana” pada ketinggian sekitar 15-30 km di atas permukaan laut.

Ozon erat kaitannya dengan sinar ultra violet matahari. Ingatkan, bahwa sinar matahari terdiri atas merah (630nm), kuning-orange (500nm), hijau (450nm), biru (430nm) dan ungu/violet (410nm) yang terbedakan karena panjang gelombang dan dampak yang ditimbulkan. Sinar ultra violet itu sendiri adalah yang berkisar antara 1-400 nm. Ada 3 jenis sinar UV, UV-A, UV-B, UV-C. UV-A (320-400nm) dipantulkan oleh ozon, selain itu bahayanya kecil sehingga tidak begitu dikhawatirkan. UV-B (280-320nm) sebagian diserap ozon namun memiliki bahaya yang sangat berbahaya yaitu merusak DNA kulit yang memicu kanker kulit. Sedangkan UV-C (200-280nm) diserap seutuhnya oleh ozon dan oksigen. Sehingga walaupun lebih berbahaya, namun keberadaannya tidak mampu menembus troposphere bumi.

Ozon di stratosphere mengalami siklus penguraian dan pembentukan alami. Radiasi sinar UV menyebabkan penguraian molekul oksigen (O2) menjadi dua atom Okxigen (O). Atom oksigen tidak dapat berdiri sendiri sehingga “harus” bersama molekul oksigen membentuk 2 molekul ozon (O3). Kemudian, sinar UV kembali mengurai molekul ozon menjadi molekul oksigen dan atom O. Begitu seterusnya. Sehingga dapat disimpulkan:

O2 + UV => O + O

2O + O2 => 2O3

O3 + UV => O + O2

UV adalah sinar Ultra Violet matahari. Ingat bahwa proses pembentukan ozon haruslah lebih lama dari penguraian ozon atau penguraian O2. Pembentukan ozon tidak dibantu oleh energi apapun dari matahari sehingga recovery pembentukan ozon relatif jauh lebih lama daripada pembentukan oksigen.

Ini baru tentang si OZON dan manfaatnya buat kita. Trus kenapa ozon bisa bolong? apa hubungannya ma freon? pengaruhnya apa sama kita? kenapa kudu waspada emang sekarang dah bolong? gimana supaya gak bolong tambah gede?

Semoga kami bisa melengkapi artikel ini dengan informasi lainnya. Yah... sedikit sedikit lama-lama jadi bukit!!

Tidak ada komentar: